Kamis, 23 Mei 2013

24 Mei 2013

Diposting oleh Unknown di 21.07
Tugas Hari Ini
  • Artikel Tata Warna

1. Analisa kebutuhan
Tips desain logo pertama. Dalam analisa kebutuhan ini seperti apa saja yang akan mempengaruhi hasil logo tersebut. Misalnya kita akan membuat logo dari PT. X maka kaji dulu profile dari perusahaan tersebut. Bila ada keharusan atau prasyarat yg harus dipenuhi maka itu dulu yang harus didahulukan (contoh = harus ada warna merah, harus mengandung makna perubahan dsb ).

Hal yang akan mempengaruhi hasil logo adalah :
a. Budaya ( aspek kehidupan )
b. Politik ( aspek kehidupan )
c. Ekonomi ( aspek kehidupan )
d. Sosial (aspek kehidupan )
e. Demografi ( analisa swot dan aida )
f. Jenis perusahaan dan produknya ( aspek personal perusahaan )

2. Tentukan teknik atau cara pembuatan
Dalam membuat sesuatu tentunya kita mempunyai cara atau teknik. Dalam hal ini adalah cara membuat sebuah logo. Hal ini berkaitan pada saat hasil logo ini akan ditampilkan. Contoh printed, multimedia, website, produk dan lain sebagainya. Tentunya ukuran, jenis font, bentuk logo, warna, media akan mempengaruhi. Semisal dalam produk kardus jarang sekali menggunakan warna yang banyak dan bila ada maka ukuran akan kecil, hal ini merupakan imbas dari dana untuk print warna yang cenderung lebih mahal. Untuk lebih dalam mengenai cara akan dibahas secara mendetail pada uraian di bawah. Tips desain logo ini akan mempengaruhi pada segi teknis.

3. Trial and error
Trial and error merupakan cara manjur dalam melakukan sesuatu. Hasil dari logo akan maksimal ketika trial and error ini dilakukan. Melalui sketsa atau desain langsung menggunakan software desain boleh-boleh saja dilakukan. Anda bisa menggunakan showcase logo berikut sebagai inspirasi dan ide desain.

4. Lihat karya logo sejenis
Banyak website yang menelorkan logo-logo fenomenal seperti logoMoose. Cari logo untuk perusahaan atau produk sejenis dengan yang ingin Anda buat. Lihat dan pelajari ciri-cirinya, selain menambah wawasan tentang logo juga dapat menginspirasi Anda.

Cara membuat logo menarik
Untuk membuat logo dibutuhkan analisa untuk produk desain sehingga disini saya akan membahas hasil dari analisa tersebut.

1. Gunakan ukuran matematis, biasanya ditandai dengan menggunakan garis2 persegi. Maksud dari menggunakan ukuran matematis adalah logo sesuai sifatnya tidak akan berubah bentuk, warna, tulisan dsb. Logo hanya berubah ukuran, dan untuk warna adalah hitam putih saja. Dengan menggunakan ukuran matematis akan membantu ketika hasil logo sudah selesai dibuat dan digunakan sebagai simbol produk atau perusahaan. Sangat membantu ketika dibuat kembali sesuai dari petunjuk pembuatan logo oleh pihak ketiga ( reseller, distributor, anak cabang yang natinya pasti akan membutuhkan logo tersebut ).

2. Software desain untuk membuat logo adalah dalam format vektor seperti corelDraw dan adobe illustrator. Dengan menggunakan software berbasis vektor hasil dari logo dapat diperbesar atau diperkecil tanpa ada perubahan efek blur. Demikian pula warna tidak berubah.

3. Gunakan katalog warna. Hal ini penting ketika logo ini akan dicetak. Kita tahu tidak sembarangan warna dipilih atau digunakan. Contohnya cat tembok yang mempunyai catalog. Ini akan membuat warna benar-benar tidak berubah dari warna aslinya dan sesuai antar hasil cetak dan warna bentuk digital. Demikian pula warna akan saling bertumpukan ketika dicetak sehingga mengakibatkan warna mejadi berubah, akan sangat membantu jika kita memahami color harmonies dan karakteristik warna cetak.

4. Buatlah petunjuk pembuatan logo. Jika logo sudah selesai dibuat, penting hukumnya untuk membuat petunjuk pembuatan logo. Logo akan dibuat disemua karya desain lainnya, mulai dari flyer, produk, poster, baliho dsb dan belum tentu kita sendiri yang menggarapnya. Biasanya akan dipakai oleh pihak ketiga seperti di kota-kota daerah penyebaran produk tersebut. Contohnya sebagai berikut ” download cara membuat desain logo “.

5. Dramatisasi maknanya. Ketika hasil desain sudah selesai dibuat sudah barang tentu kita akan mempresentasikan logo tersebut. Dalam presentasi ini jika makna dan pilihan kata Anda tidak tepat maka kemungkinan besar logo akan ditolak. Makna dalam sebuah logo dapat dicari dengan mengurainya melalui nirmana dan hasil studi analisa.

6. Buat alternatif logo sebanyak mungkin dan unggulkan maksimal 5 desain. Dengan cara ini Anda akan mengetahui pilihan mana yang terbaik dan pola desain Anda. Buat pola desain Anda semakin banyak jika pola-pola desain Anda menyerupai. Pola ini seperti efek putar ( rotasi ), efek bentuk, efek garis, efek typografi, efek warna, repetisi, transformasi dsb.

7. Buat teknis pembuatan logo secepat mungkin terselesaikan. Untuk membuat logo satu menit dengan satu jam akan mempengaruhi pengerjaan karya desain lainnya. Teknis pembuatan logo ini juga tidak boleh berubah karena akan mempengaruhi hasilnya. Untuk petunjuk teknis pembuatan logo akan dibahas pada artikel selanjutnya ( moga-moga cepat selesai ).

8. Buat sketsa secara manual. Sketsa manual adalah cara paling manjur dalam menghasilkan karya desain yang menarik dan memukau.


apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan desain logo yang baik? Nah, pada blog post kali ini, Sribu akan mencoba menjelaskan dengan lebih rinci, kriteria apa yang harus dimiliki sebuah karya desain logo, agar dapat dinilai baik. (Dikutip dari berbagai sumber)

Desain logo yang baik harus memiliki ciri khas yang kuat, mengandung pesan yang tepat, mudah diaplikasikan, memiliki grafis yang menarik perhatian, bentuk yang sederhana, serta dapat menjangkau target yang telah ditetapkan. Untuk itu, sebuah desain logo haruslah dibuat dengan mengacu pada lima prinsip utama berikut ini:

1. Kesederhanaan
Mengapa “kesederhanaan” sangat penting, bahkan Sribu letakkan pada poin pertama? Sebab, dengan mendesain logo secara sederhana, maka logo akan lebih mudah dikenali, lebih mudah diaplikasikan dalam berbagai medium, dan tak mudah dilupakan. Itulah sebabnya, di kalangan desainer, termasuk desainer logo, dikenal prinsip KISS – Keep It Simple, Stupid. Prinsip tersebut menekankan pentingnya kesederhanaan dalam mendesain logo, agar logo lebih berkesan dan dapat menyampaikan pesan dengan lebih efektif.
Selain itu, mengingat bahwa logo merupakan identitas perusahaan di mata publik, desain logo yang sederhana akan lebih mudah dikenali, meskipun hanya dengan sekilas melihat billboard saat sedang melaju di jalan raya, sedang sibuk memilah-milih aneka produk di pusat perbelanjaan, ataupun sedang membolak-balik halaman majalah dan menggonta-ganti saluran televisi.

2. Kesan yang mendalam
Mengekor ketat di belakang kesederhaan adalah kesan yang mendalam. Desain logo yang efektif haruslah mudah diingat, dan hal ini dapat dicapai dengan memiliki logo yang mengandung pesan yang sesuai.

3. Keabadian
Desain logo yang baik haruslah abadi dan tidak dimakan usia. Jadi, sebelum Sribuddies memutuskan sebuah desain logo, coba tanyakan dulu, apakah desain logo tersebut masih efektif pada 10, 20, bahkan 50 tahun mendatang.

Ingatlah bahwa desain logo tidak sama dengan industri fashion, di mana tren terus datang dan pergi. Identitas merek haruslah berumur panjang, dan tetap menonjolkan ciri khas yang sama hingga beberapa dekade mendatang.

Salah satu contoh desain logo abadi adalah Coca Cola. Dibandingkan dengan head-to-head competitornya, Pepsi Cola, Coca Cola lebih mampu mempertahankan identitas mereknya. Tidak percaya, coba saja Sribuddies bandingkan desain logo Pepsi Cola dan Coca Cola di bawah ini. Perhatikan bagaimana logo Coca Cola tidak mengalami perubahan berarti sejak tahun 1885. Ya, itulah yang Sribu maksud dengan desain yang abadi. Desain yang abadi adalah salah satu kriteria desain logo yang baik.

4. Kemudahan aplikasi
Logo yang efektif harus mampu menonjol di berbagai media dan aplikasi. Logo harus fungsional. Untuk alasan ini, logo harus dirancang dalam format vektor, untuk memastikan bahwa logo dapat diubah ukurannya dengan skala berapa pun. Logo pun sebaiknya harus dapat bekerja dalam format horizontal maupun vertikal.
Sebagai bahan acuan, sebelum memilih sebuah desain logo,
coba tanyakan apakah desain logo yang Anda dapatkan:
-      dicetak di atas permukaan terang maupun gelap?
-      tetap terlihat menonjol meski berwarna hitam-putih atau tidak berwarna?
-      dicetak di atas medium lain selain kertas, misalnya di atas kain, disematkan pada desain   topi, dsb?
-      dicetak dengan ukuran yang sangat kecil, seperti perangko?
-      sebaliknya, dicetak dengan ukuran yang sangat besar, seperti billboad?

Untuk memenuhi semua persyaratan di atas, dianjurkan logo didesain secara hitam-putih saja pada awalnya. Hal ini membuat fokus logo berada pada konsep dan bentuk, bukan pada sifat subjektif warna. Selain itu, karena logo akan digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama, perhatikan juga biaya cetak, karena jika desain logo terlalu kompleks, biasanya akan membutuhkan biaya cetak yang lebih tinggi. Hal ini, pada jangka panjang, akan berimbas cukup besar bagi perkembangan bisnis Sribuddies.

Di samping itu, sebagai klien, Anda pun sebaiknya mengetahui perbedaan antara sistem warna CMYK, Pantone dan RGB. Ketika merancang logo, sistem warna Pantone lebih dianjurkan.

5. Ketepatan sasaran
Desain logo yang baik harus sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan oleh pemiliknya. Sebagai contoh, jika Anda merancang sebuah logo untuk toko mainan anak-anak, maka akan lebih tepat untuk menggunakan font yang kekanak-kanakan & skema warna yang ceria. Sebaliknya, jangan melakukan ini jika Anda merancang logo untuk sebuah firma hukum.

Yang juga penting untuk diingat adalah bahwa logo tidak perlu selalu menunjukkan produk atau layanan yang dijual atau ditawarkan pemiliknya. Misalnya, logo untuk sebuah merek mobil tidak perlu menunjukkan mobil, logo untuk sebuah merek komputer tidak perlu menunjukkan komputer, dst. Harley Davidson, misalnya. Meski produk utamanya adalah motor, namun Sribuddies tidak akan menemukan gambar motor pada logonya. Nokia pun demikian, tidak menampilkan ponsel, yang merupakan produk unggulannya. Jadi, logo murni berfungsi sebagai alat identifikasi.

Jika ingin melihat beberapa contoh desain logo yang baik, Anda dapat mengunjungi Sribu.com. Di sana, terpajang ratusan desain logo yang baik karya desainer berbakat Indonesia yang telah turut serta dan keluar sebagai pemenang dalam berbagai lomba desain yang diadakan Sribu.
 
Artikel di atas dikutip dari beberapa sumber, hal yang terpenting adalah logo sangat penting dalam perkembangan didunia bisnis, dengan adanya logo mencerminkan pribadi dari perusahaan itu sendiri. apabila perusahaan anda belum memiliki logo yang menarik dan informatif, tidak usah bingung, kami Tata Warna perusahaan yang bergerak dibidang jasa desain siap melayani solusi desin anda, kunjungi kami di www.tatawarna.com
  • Gambar Tata Warna


  • Pasang Iklan Tata Warna 10
  1. http://news.arsip-iklan.com/index.php?mod=view&catid=8&itemid=935085
  2. http://oke.arsip-iklan.com/index.php?mod=view&catid=8&itemid=931988
  3. http://opsir.cu.cc/view/Jasa/229474_Desain_Company_Profile.html
  4. http://optra11.cu.cc/view/Jasa/229628_Desain_Company_Profile.html
  5. http://pacitan.iklandaerah.com/view/Jasa/1029803_Desain_Company_Profile.html
  6. http://padang.iklandaerah.com/view/Jasa/1047839_Desain_Company_Profile.html
  7. http://palangkaraya.iklandaerah.com/view/Jasa/1048841_Desain_Company_Profile.html
  8. http://palembang.iklandaerah.com/view/Jasa/1029828_Desain_Company_Profile.html
  9. http://palingoke.cu.cc/view/Jasa/229171_Desain_Company_Profile.html
  10. http://pandeglang.iklandaerah.com/view/Jasa/1045789_Desain_Company_Profile.html
  • Blogwalking Tata Warna 10
  1. http://horier.blogspot.com/2011/09/cara-membuat-widget-google-plus-di-blog.html
  2. http://horier.blogspot.com/2011/09/cara-menambahkan-event-facebook-ke.html
  3. http://horier.blogspot.com/2011/09/cara-mencari-alamat-profil-teman.html
  4. http://horier.blogspot.com/2011/09/cara-mengubah-url-profil-id-default.html
  5. http://horier.blogspot.com/2011/09/cara-membuat-tombol-google-plus-di-blog.html
  6. http://hairstyle-hairstylenews.blogspot.com/2009/11/korean-celebrities-in-christmas-glitter.html
  7. http://hairstyle-hairstylenews.blogspot.com/2009/06/korean-latest-haircut-hairstyle.html
  8. http://hairstyle-hairstylenews.blogspot.com/2009/06/korean-sexy-fashion-blouse-from-cotton.html
  9. http://hairstyle-hairstylenews.blogspot.com/2009/06/korean-celebrities-in-fashion-magazine.html
  10. http://hairstyle-hairstylenews.blogspot.com/2010/08/wonder-girl-sunye-in-patrica-field-x.html
  • Mengirim Email Penawaran Desain Booklet
  1. PT. CLS CARGO = dyana@cls-logistic.com
  2. Belitung-RentCar = info@mobil-sewa.com
  3. Sumber JAya Surabaya = sumberjayasurabaya@yahoo.co.id
  4. PT.CANFILL INDOTECH UTAMA = exofilt@yahoo.com
  5. PT.Petrayuda Trans Global = petrayudatg@gmail.com
  6. FIREMAN CLOTHING = mandiribersamasejati@gmail.com
  7. SECUREWARES = hendry@secure-wares.com
  8. PT. BIMA UTAMA SUKSES MANDIRI ( BITAMAGROUP ) = bitama_group@yahoo.com
  9. PT. MULTI EXPRESS CARGO INTL = taufik@impor-ekspor.com
  10. PT. Transmart Logistindo = sales@transmart-logistindo.com
  • Follow up 1
  1. PT. CLS CARGO = 02168559878
  2. Belitung-RentCar = 0813 7395 3779
  3. Sumber JAya Surabaya = 088803257871
  4. PT.CANFILL INDOTECH UTAMA = 085885717111
  5. PT.Petrayuda Trans Global = 0813.8296.4776
  6. FIREMAN CLOTHING = 02168432363
  7. SECUREWARES = 081-332-88-0077
  8. PT. BIMA UTAMA SUKSES MANDIRI ( BITAMAGROUP ) = 08129396152
  9. PT. MULTI EXPRESS CARGO INTL = 62-081234548200
  10. PT. Transmart Logistindo = 021 - 4350682
  11. MEGA GROSIR = 02168009040,
  12. GERAI JAMU HERBAL WIDYA SARI = 081808311292
  13. PT.BUAH SEGAR INDONESIA = 081380891727 .
  14. PT.SRIJAYA TENAK = 081380891727 .
  15. PT.GUNUNG HIJAU NUSANTARA = 081380891727
  16. PT.PUPUK RAJA WALI = 081380891727
  17. PT. PRIKANAN IKAN TRANSKINDO = 081380891727
  18. UD Dinar = +62-31-3524162
  19. PT.HUTAN PRATAMA = 081380891727
  20. FLAVOR HOUSE INDONESIA = 081233419818

1 komentar:

IMPORTMURAH on 29 November 2018 pukul 18.54 mengatakan...

Dengan Hormat,

Perkenalkan kami dari PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi/ legal serta peminjaman Perusahaan/ Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa menangani impor barang-barang sebagai berikut :
Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pumpa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :
Customs clearance Laut & Udara
Import Borongan ( All-In )
Import Ex-work
Import Under Name
Import Door To door
Domestics Darat

PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA kami bisa Membantu Customer-Customer yang sudah terlanjur Mengirim barang tapi ada kendala di kepabeanan disebabkan karena legalitas Impor / lantas impor tidak lengkap dan barang tidak bisa diproses, Maka kami memberi solusi dengan sistim kerja Borongan All-In

Wilayah Kerja Import borongan undername;
Air Port Bandara Soekarno Hatta
Port tanjung priok
Port tanjung perak
Port tanjung emas
Port panjang
Port Boombaru
Port belawan

Adapun biaya pengurusan Barang impor borongan dapat kami talangin terlebih dahulu dan setelah barang keluar dari pabean / Setelah adanya Surat Persetujuan Pengeluaran Barang ( SPPB ) baru dilakukan Pembayaran ke kami sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Best Regards
BURHANUDDIN

PT.BERLIAN LOGISTIK INDONESIA
Ruko Citra Mas
Jl.Altenatif Cibubur Cilengsi Km.1,8 No.H2
Depok Jawa Barat
Telp : 021 – 2867 6086
HP/WA : 0812 7973 199
E-Mail : burhanuddin.import@gmail.com
Web : www.berlianlogistikgroup.com
E-mail : burhanuddin@berlianlogistikgroup.com

Posting Komentar

 

Dwi tatawarna Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos